Hati-Hati dengan Lensa Kontak

Mata cantik nggak cukup dengan polesan maskara atau eye shadow aja. Banyak kaum hawa yang menambahkan lensa kontak (contact lens) supaya mata terlihat makin bersinar. Karena kehebatan si contact lens itu, gonta-ganti warna mata jadi hal yang nggak aneh lagi. Bola mata yang aslinya berwarna hitam bisa berubah jadi biru atau cokelat dalam sekejap.

Memakai lensa kontak emang menyenangkan. Tapi, tetap perhatikan rambu-rambu pemakaiannya. Salah dikit aja, mata sehat kita bakal jadi korban.

Periksa ke dokter mata. Langkah pertama setelah kamu memutuskan pakai lensa kontak adalah periksakan dulu ke dokter mata. Sebab, mereka yang menderita belspalsi atau kelumpuhan pada saraf mata dilarang memakai lensa kontak. Begitu juga, bagi penderita diabetes dan hipertensi, bakal dibutuhkan penanganan khusus.

Jaga kebersihan. Memakai lensa kontak berarti juga harus meluangkan waktu menjaga kebersihannya. Caranya adalah rajin mencuci dengan menggunakan cairan pembersih khusus. Kalau jenis lensa kontakmu punya masa pakai setahun, jangan lupa bersihkan setiap minggu dengan tablet penghilang protein dan kuman.

Nggak boleh saling tukar. Bukannya ngajarin nggak berbagi. Tapi, tukar-menukar obat tetes mata dan wadah kontak lensa sangat nggak dianjurkan. Pasalnya, kalau orang yang meminjam kena sakit mata, kamu rawan tertular pula.

0 Comments:

Post a Comment